Headline News

header-int

Puskesmas Lumpo Lakukan Pertemuan Nagari Siaga Aktif

Senin, 07 Okt 2019, 21:26:34 WIB - 12 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Puskesmas Lumpo Lakukan Pertemuan Nagari Siaga Aktif

Painan-Pertemuan Nagari Siaga Aktif yang dilaksanakan oleh Puskesmas Lumpo yang dihadiri oleh Camat IV Jurai Salman Alfarisi, Kasi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Hendri Agustian, Kepala Puskesmas Lumpo Welly Perdana, Walinagari Sewilayah Lumpo, Staf  Puskesmas Lumpo, Bidan Desa dan Kader Nagari Siaga bertempat di Hotel Hannah Painan (Senin, 7/10/2019)

Nagari Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah dan ancaman terhadap kesehatan masyarkat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain dengan manfaatkan potensi setempat, secara gotong – royong.

Desa siaga aktif bertujuan untuk menjadikan masyarakat peduli terhadap masalah kesehatan, tanggap dalam memecahakan masalah – masalah kesehatan secara mandiri yang di wilayahnya dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki sera menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Puskesmas Lumpo Welly Perdana dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadakan pertemuan Nagari Siaga aktif adalah  peserta memahami apa yang dimaksud dengan Nagari Siaga dengan harapan Walinagari dan Kader Nagari dapat melaksanakan kegiatan nagari siaga di masing-masing nagarinya.

Menurut Welly bahwa di Wilayahnya kerjanya sudah memiliki 8 Nagari Siaga Aktif dengan strata mandiri, 2 Nagari strata purnama dan 1 dengan strata madya.

“Sampai bulan ini kami sudah melakukan Muyawarah Masyarakat Desa (MMD) di 7 Nagari”  dan masalah yang menjadi prioritas yang segera dituntas adalah masih banyak balita BGM dan masih rendahnya nagari yang ODF” ujar Kapus.

Camat IV Jurai Salman Alfarisi memberikan apreseasi kepada Puskesmas Lumpo yang telah melakukan acara ini dan” kami dari Pemerintahan Kecamatan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Lumpo” ucap Camat.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube