Headline News

header-int

Kegiatan Posyandu Angelir 2 Padang Pasir Wilayah Kerja Puskesmas Air Haji

Senin, 09 Mar 2020, 20:48:50 WIB - 116 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Kegiatan Posyandu Angelir 2 Padang Pasir Wilayah Kerja Puskesmas Air Haji

SIKAMEK, Painan-Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar bagi ibu, bayi, dan anak balita.

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu tidak lepas dari peran kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.                                                                                                                      

Menurut Kepala Puskesmas Air Haji Andri Dedi, SKM,MM dalam kegiatan Posyandu Angelir 2 Padang Pasir Wilayah Kerja Puskesmas Air Haji (Senin, 09/03/2020) bahwa jumlah kader Posyandu yang berada diwilayah kerjanya rata-rata ada 5 kader Posyandu, “ini sudah memenuhi kriteria Kemenkes” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Kapus “Salah satu tugas kader adalah menyiapkan bahan penyuluhan dan pemberian makanan tambahan (PMT). Kader sebagai bagian dari tim penggerak Posyandu mempunyai peranan yang sangat penting dalam menyampaikan informasi yang tepat kepada para ibu tentang PMT. PMT merupakan salah satu strategi dalam mengatasi masalah gizi. PMT yang tepat dapat mempengaruhi status gizi pada balita”

“Melalui tenaga gizi dari Puskesmas setiap posyandu sudah dibuatkan menu perbulan selama setahun, sehingga ada variasi dalam pemberian makanan kepada anak balita. Hal ini akan mencegah anak balita tidak bosan untuk datang ke Posyandu”ujar Kapus penuh optimis.

Kapus juga  mengaharapkan Keaktifan ibu mengikuti posyandu, karena keaktifan ibu mampu untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada ibu dan anaknya. Salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada anak adalah stunting. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2020 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube