Headline News

header-int

Kegiatan Bulan Penimbangan Balita Terintegrasi dengan pemberian Vitamin A

Kamis, 05 Mar 2020, 21:05:45 WIB - 132 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Kegiatan Bulan Penimbangan Balita Terintegrasi dengan pemberian Vitamin A

Painan- Bulan Penimbangan Balita Terintegrasi dengan Pemberian Vitamin A, kegiatan ini merupakan rutin yang dilakukan Puskesmas Airpura setiap 2kali setahun, yaitu Februari dan Agustus" Ujar Kepala Puskesmas Air Pura Zulkanain Is, SKM. (2/03/2020)

"Dari beberapa kegiatan yang telah terlaksana terlihat Antusias ibu yang mempunyai balita untuk membawa anaknya ke Posyandu, seperti di Nagari Inderapura timur, Lalang panjang, Inderapura utara, dan lubuk ubai. Kegiatan ini akan masih berlangsug pada posyandu di wilayah kerja Puskesmas Airpura" Jelas Kapus.

Pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi kepada balita usia 6-59 bulan, balita usia 6-11 bulan mendapat 1 (satu) kapsul vitamin A warna biru dan balita usia 12-59 bulan mendapat 1 (satu) kapsul vitamin A merah.

lebih lanjut Kapus menjelaskan "Manfaat nya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh (tidak mudah terkena penyakit infeksi) dan untuk kesehatan mata (mencegah rabun senja), sehingga secara umum dapat mendukung dalam penurunan risiko kesakitan dan kematian pada balita".

Kegiatan pemeriksaan perkembangan dilakukan oleh petugas kesehatan bersama kader, bila ada masalah maka dapat dilakukan stimulan oleh orangtua, bila masalahnya berlanjut maka dilakukan rujuk ke tingkat pelayanan kesehatan.

Manfaat pemeriksaan perkembangan pada balita adalah :
1). Mengukur tingkat perkembangan anak balita sesuai umurnya,
2) mendeteksi apabila terjadi penyimpanan perkembangan pada anak balita tersebut.

"Banyak hal yg seru selama mengikuti Posyandu? Mari Kita Ramaikan Posyandu" Himbau Kapus Is????

Semangat Sehat ????????

#PuskesmasAirpura
#AirpuraKeren
#AndaSehatKamipunBangga

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2020 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube