Headline News

header-int

Aksi Germas Kecamatan Ranah Pesisir

Rabu, 11 Mar 2020, 20:00:06 WIB - 126 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Aksi Germas Kecamatan Ranah Pesisir

SIKAMEK-Painan : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Pesisir Selatan terus berupaya melakukan Aksi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan itu dibuat untuk mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat guna menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Aksi Germas yang dilaksanakan di Kecamatan Ranah Pesisir bertempat di Nagari Nyiur Melambai Pantai Sumedang (11/03/2020) dengan kegiatan senam bersama, penanaman pohon, deklarasi Open Defecation Free (ODF), pameran buah dan sayur dan Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma Tingkat Kab. Pesisir Selatan th 2020.

Hadir dalam kegiatan Ketua TP-PKK Kab. Pessel Hj. Lisda Hendrajoni, Kadis Kesehatan dr. H. Satria Wibawa, M.Kes, Kadis BPMDKB Wendi, Staf Ahli Emirza Siswati, Kepala OPD se-Kab. pessel, Camat Ranah Pesisir Yusril, Kepala Puskesmas Balai Selasa Deri Zarwita, SKM dan Walinagari se-Kecamatan Ranah Pesisir.

Sambutan ketua TP-PKK "Dalam kegiatan aksi Germas yang dilakukan sejak tadi pagi dimulai dari senam hendaknya dapat memberikan dampak sehat bagi masyarakat".

Selain senam juga dilakukan penanaman pohon, pameran buah-buahan dan sayur-sayuran. Hj. Lisda Hendrajoni berharap ini tidak sekedar dipamer dan dirangkai dengan sebagus mungkin tetapi harus dikonsumsi.

"Kepada ibu-ibu rumah tangga harus mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dengan jenis yang bervariasi, artinya tidak satu macam saja" ajak Ketua TP-PKK.

Kepada Camat dan Walinagari Anggota DPR RI Komisi VIII ini juga menghimbau untuk mendukung kegiatan Dasawisma sehingga kita bisa mengoptimalkan peran dan fungsi kelompok Dasawisma dan lembaga kemasyarakatan dalam pembangunan nagari di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kadis Kesehatan dr. H. Satria Wibawa kepada SIKAMEK mengatakan bahwa ODF Kab. Pessel sudah mencapai 87,06,%. Untuk Kecamatan Ranah Pesisir hari ini sudah bertambah 3 Nagari ODF. Kadis optimis bahwa pada th 2021 Kec. Ranah Pesisir bisa deklarasi ODF. Hal ini terlihat dari komitmen camat dan walinagari yang luar biasa" ucap Kadis.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2020 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube