Headline News

header-int

AKSI Germas Kecamatan IV Jurai di Nagari Batu Kunik Lumpo

Kamis, 05 Mar 2020, 20:43:04 WIB - 124 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
AKSI Germas Kecamatan IV Jurai di Nagari Batu Kunik Lumpo

Indikator kesehatan masyarakat (Kesmas) tahun 2020, menjadi program prioritas yang harus dituntaskan oleh seluruh petugas kesehatan yang ada di seluruh Indonesia.

Mulai dari penurunan angka kematian ibu dan bayi (AKIB), penanganan dan penurunan stunting, serta menekan penyakit tidak menular (PTM). Yang saat ini sangat tinggi dan membuat pembiayaan cukup tinggi bagi negara.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Donny Tayes, SKM, M.Si. Saat wawancara dengan SIKAMEK, Kamis (05/03/2020) di saat kegiatan Aksi Germas Sekecamatan IV Jurai bertempat di Nagari Batu Kunik Lumpo.

Kegiatan Aksi Germas se-Kecamatan IV Jurai dihadiri oleh Ketua TP-PKK Hj.Lisda Hendrajoni, Sekretaris Dinas Kesehatan Yuni Andra, Camat IV Jurai Salman Alfarisi Brutu, Kabid Yankes Dinkes Pessel Vera Kornita, Walinagari se-Kecamatan IV Jurai, Ketua Bamus se-Kecamatan IV Jurai, ketua TP-kecamatan IV Jurai dan Nagari Bamus se-Kecamatan IV Jurai.

Menurut Donny agar indikator kesehatan yang ada betul-betul bisa dimaksimalkan dan mensuport pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Masyarakat harus peduli dirinya sendiri di bidang kesehatan.

“Jangan nanti sakit baru dia melakukan upaya-upaya kesehatan. Tetapi bagaimana sedini mungkin bisa mencegah tingginya penyakit-penyakit tidak menular tidak menyebabkan dia sakit,” ucap  Donny.

Upaya Pencegahan dini penyakit tidak menular dapat dilakukan dengan lima tema dalam germas. Yaitu mulai mengupayakan makan sayur dan buah tiap hari, melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, melakukan cek kesehatan secara berkala, tidak merokok, tidak menggunakan narkoba, serta berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Ini harapan-harapan kami ke depan dalam rangka kita mencapai indikator kesehatan yang di tahun 2020 ini. Oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas diupayakan bagaimana kita menyiapkan sumber daya manusia yang sehat bugar dan produktif melalui pelaksanaan masyarakat hidup sehat,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2020 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube