Headline News

header-int

UPT Puskesmas Tanjung Beringin door to door (ketuk pintu ke pintu) untuk menemukan penderita TB

Kamis, 01 Agu 2019, 17:46:50 WIB - 28 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
UPT Puskesmas Tanjung Beringin door to door (ketuk pintu ke pintu) untuk menemukan penderita TB

Painan- Tingginya penyebaran penyakit tuberkulosis (TB) di Indonesia termasuk wilayah kerja UPT Puskesmas Tanjung Beringin mengambil langkah cepat. Saat ini UPT Puskesmas Tanjung Beringin terus menggencarkan pemeriksaan warga secara door to door (pintu ke pintu) untuk menemukan penderita TB.

"Program ini bertujuan untuk mencari masyarakat penderita TB yang belum tertangani. Kasus TB ibarat fenomena gunung es. Jadi kami mencari sebanyak-banyaknya,” kata Kepala Puskesmas Tanjung Beringin Etri Candra, SKM.M.Kes, Kamis (01/08/2019).

Program yang diberi nama Ketuk Pintu Tuberkolosis ini menargetkan seluruh pengidap TB dapat terdeteksi dan diobati secara optimal.

"Kita bertekad menemukan pengidap sebanyak-banyaknya untuk kemudian diobati. Kuncinya TOSS, yaitu temukan obati sampai sembuh,” katanya.

Dikatakannya, melalui gerakan itu diharapkan rantai penularan TB di masyarakat bisa dihentikan. Potensi penularan penyakit TB ini sangat lah berbahaya, bahkan bisa menyebakan kematian.

Kepala Puskesmas menghimbau  kepada masyarakat kecamatan Lunang “Jika ada keluarga Mengalami Batuk-Batuk kering serta berdahak selama 2 Minggu segera memeriksakan keluarga ke UPT Puskesmas Tanjung Beringin”

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube