Headline News

header-int

Tim Verifikasi Lapangan Nilai Kabupaten Pesisir Selatan Menuju Swasti Saba Wistara

Kamis, 08 Agu 2019, 22:53:50 WIB - 24 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Tim Verifikasi Lapangan Nilai Kabupaten Pesisir Selatan Menuju Swasti Saba Wistara

Painan-Swasti Saba atau Kabupaten Sehat merupkan penghargaan untuk Kota/Kabupaten Sehat (terbagi dalam tingkatan Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan Pengembangan (Wistara).

Kota/Kabupaten Sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah – masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten/kota.

Di tingkat kabupaten dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.

Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat dinilai Tim Verifikasi Lapangan dalam rangka penilaian Kabupaten Sehat menuju Swasti Saba Wistara, Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan salah satu dari 11 kabupaten/kota yang dinilai tim verifikasi dari Kementerian Kesehatan. Rabu (07/08/2019).

Tim verifikasi lapangan penilaian Kabupaten Sehat dipimpin oleh Yulita Suprihatin dan anggota Rahpien, disambut langsung oleh Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, selaku pembina Forum Kabupaten Sehat, Ketua TP-PKK, Lisda Hendrajoni, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Efrianto, S.Si dan Kepala OPD.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pada penilaian kabupaten sehat pada tahun 2015 Pesisir Selatan meraih Swasti Saba Padapa dan  pada penilaian Kabupaten Sehat tahun 2017  prestasi meningkat dengan memperoleh Swasti Saba Wiwerda.

Harapan Bupati “Agar Kabupaten Pesisir Selatan, mendapat Piala Swastisaba Wistara pada penilaian Kabupaten Sehat tahun ini” diamini oleh seluruh yang hadir.

Ketua tim Verifikasi Yulita Suprihatin menyampaikan “upaya mewujudkan kabupaten sehat merupakan proses yang tiada henti, berjalan secara terus menerus sepanjang waktu. Keberhasilan memperoleh piala swasti Saba bukan berarti proses berhenti sampai disitu , ” kata Yulita.

Dalam kesempatan itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Efrianto, S.Si, menyampaikan pemaparan tentang kegiatan forum di hadapan tim verifikasi lapangan.

Selesainya acara sambutan dan pemaparan dari ketua forum, tim melakukan penilaian terhadap kelengkapan dokumen di Sekretariat Forum Kabupaten Sehat dan dilanjut peninjauan kepasar Painan, dan objek wisata Pantai Caracok.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube