Headline News

header-int

Sosialisasi Kesehatan pada acara Manasik Kesehatan Haji

Minggu, 07 Jul 2019, 11:21:53 WIB - 25 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Sosialisasi Kesehatan pada acara Manasik Kesehatan Haji

Painan-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Dr.H. Satria Wibawa, M.Kes didampingi Kabid P2P Kadriadi, SKM.MM memberikan materi tentang Kebijakan Pemerintah dalam Pelayanan Manasik Kesehatan Haji pada pertemuan pelaksanaan pembinaan dan bimbingan manasik haji yang digelar di Masjid Al-Amilin Painan. Senin(01/07/2019).

Dinas Kesehatan selalu mengimbau jemaah haji Indonesia untuk memperhatikan kondisi kesehatan selama di tanah suci. Imbauan kesehatan ini pula yang disampaikan oleh Dr.H. Satria, pada acara tersebut.

Ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kesiapan fisik yang kuat. Hal ini disebabkan banyaknya rukun dan wajib haji yang harus dilakukan dan kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat ekstrem bila dibandingkan dengan di Indonesia.

Sekurangnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh jemaah haji saat di Arab Saudi. Pertama, selalu membiasakan untuk sarapan terlebih dulu sebelum berangkat ke masjid atau melakukan kegiatan ibadah lainnya. Kedua, mengenakan sandal jika bepergian ke masdjid dan dibawa ke dalam masjid. Selanjutnya, meminum air sesering mungkin, jangan menunggu haus. Berikutnya menggunakan masker dan payung setiap kali ke luar ruangan.
“Terakhir, jika sakit pada saat melontar jumroh bisa dibadalkan. Jangan memaksakan diri,” kata Dr. Satria didepan calon Haji Mabrur Pessel.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube