Headline News

header-int

Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan lakukan sosialisasi dan pemberian tablet Fe pada siswi SMP

Kamis, 05 Sep 2019, 20:18:34 WIB - 20 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan lakukan sosialisasi dan pemberian tablet Fe pada siswi SMP

Painan-Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan lakukan sosialisasi dan pemberian tablet Fe pada siswi SMP (Selasa, 3 September 2019).


Setelah sosialisasi, siswi SMP dan SMA langsung diberikan tablet Fe untuk dikonsumsi di hadapan para guru dan tenaga kesehatan. Tablet Tambah Darah (TTD) mengandung 60 mg Besi Elemental dan Asam Folat 400 ug.

Sebelum dilakukan pemberian Tablet Fe, dilakukan penyuluhan terlebih dahulu oleh pengelola promkes Puskesmas Rahul tentang penyakit anemia dan manfaat tablet Fe bagi remaja putri.

Upaya pemberian tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Hal ini disebakan karena kurangnya supply oksigen dan makanan ke janin selama masa kehamilan.

Oleh sebab itu,  untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka Puskesmas Rahul memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri kepada  sekolah tersebut.

Sasarannya adalah seluruh remaja putri ( rematri ) usia 12 – 18 th (kelas, 7, 8, 9, 10, 11 dan 12). Tablet Fe yang sudah didistribusikan oleh Puskesmas ke sekolah, akan diberikan ke remaja putri di sekolah tersebut dan mengkonsumsinya dihadapan guru / walikelas masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa remaja putri itu benar-benar mengkonsumsi tablet Fe. Dosis yang diberikan adalah setiap orang mendapat 1 tablet per minggu selama setahun dan dipantau setiap sebulan sekali oleh Petugas Puskesmas.

Diharapkan dengan adanya program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri ini dapat menurunkan gejala anemia pada remaja putri sehingga mereka dapat memiliki kesehatan yang optimal menjelang kehamilan.

Semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, remaja putri di Kecamatan Rahul menjadi remaja yang lebih sehat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube