Headline News

header-int

Puskesmas Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan Laksanakan Posbindu PTM di Nagari Limau Purut

Kamis, 05 Sep 2019, 19:56:14 WIB - 14 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Puskesmas Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan Laksanakan Posbindu PTM di Nagari Limau Purut

Painan-Puskesmas Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan melaksanakan Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Posbindu PTM Nagari Limau Purut Kecamatan Rahul, Rabu (04/09/2019).

“Posbindu PTM yang dilakukan itu, memberikan edukasi dan sosialisasikan PTM langsung kepada warga sekitar, serta dilakukan pemeriksaan gratis. Diantaranya, pengecekan gula darah, asam urat, dan tekanan darah. Untuk dimulainya Posbindu PTM dapat dilakukan, jika telah berusia minimal 15 tahun” jelas Kepala Puskesmas Rahul Yanti Novita, SKM.

“Kami di sini untuk men-skrining (mengindetifikasi penyakit) apabila terdapat PTM, sehingga dapat dicegah secara dini,” Ujar Kapus

Selain dilakukan pengecekan gratis, dalam Posbindu yang dilakukan itu juga diberikan edukasi atau beberapa gejala-gejala PTM, diantaranya kencing manis, penyakit jantung koroner (PJK), serta stroke. “Salah satunya gejala stroke, yaitu kesemutan atau lumpuh pada wajah, lengan, tungkai terutama pada satu sisi tubuh, tiba-tiba penglihatan kabur pada satu atau kedua mata, bicara tidak jelas dan hanya mengerti pernyataan sederhana, hilangnya keseimbangan atau koordinasi, tiba-tiba sakit kepala hebat jika dilukiskan paling buruk selama hidupnya,”  terang Yanti Novita.

Beberapa tips yang disampaikan oleh pihak Puskesmas Rahul, diantaranya dengan berhenti merokok, tidak makan makanan asin setiap hari, tidak mengonsumsi makanan tinggi lemak setiap hari, melakukan olahraga minimal 30 menit selama 4 hari dalam satu pekan.

“Hindari sekarang juga kegemukan, tekanan darah tinggi, kadar lemak tak normal, kencing manis, penyakit jantung, dan stroke, dimana dengan gaya hidup bersih dan sehat,” imbuhnya.

Dia pun mengharapkan, para kader-kader posyandu, baik di Nagari Limau Purut dan pada umumnya di Kecamatan Rahul, untuk dapat terus mensosialisasikan, edukasi mengenai PTM.

“Petugas untuk bisa mengedukasi, apa yang dimaksud PTM. Termasuk pula memberikan tips-tips pencegahan. Sehingga warga secara sadar, dapat melakukan pencegahan, guna terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube