Headline News

header-int

Puskesmas Keliling (Puskel) terintegrasi Puskesmas Asam Kumbang

Kamis, 18 Jul 2019, 09:25:37 WIB - 36 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Puskesmas Keliling (Puskel) terintegrasi Puskesmas Asam Kumbang

Painan-Puskesmas Keliling merupakan kegiatan puskesmas yang bertujuan meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif. Puskesmas keliling memiliki fasilitas berupa kendaraan bermotor roda 4 atau roda 2, peralatan kesehatan, peralatan komunikasi, dan tenaga kerja dari puskesmas. Puskesmas keliling memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah yang tidak dapat terjangkau oleh puskesmas atau puskesmas pembantu. Selain itu, puskesmas keliling juga dipergunakan sebagai alat transportasi untuk pasien gawat darurat dan sebagai sarana penyuluhan kesehatan.

Program Puskesmas Keliling dengan mengintegrasikan dengan Posbindu lansia, penyuluhan dan pengobatan kembali diadakan oleh Puskesmas Asam Kumbang (Jumat, 12/07/2019). Nagari Koto Ranah Bayu yang cukup jauh dijangkau oleh warga dari Puskesmas Asam Kumbang, membuat Puskesmas Asam Kumbang mengadakan Puskesmas Keliling. Warga Nagari Koto Ranah Bayu merasa sangat terbantu dengan program seperti ini karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan ketika berobat mereka bisa ditangani oleh dokter langsung.

Menurut Kepala Puskesmas Asam Kumbang dr. Allaily Fitri, Puskesmas Keliling bertujuan membantu warga yang jauh jangkauan Puskesmas, agar dapat berobat tanpa perlu datang langsung ke Puskesmas Asam Kumbang.

Puskesmas keliling ini diadakan setiap satu bulan sekali.  “ Sistemnya menjemput bola, kita langsung ke tempat lokasi untuk mengobati warga. Kita tetap membawa peralatan medis dan obat” ujar dr. lily. Pelayanan ini dilakukan secara gratis.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube