Headline News

header-int

Puskesmas Inderapura mendistribusikan susu gratis untuk Balita gizi kurang dari keluarga kurang mamp

Jumat, 19 Jul 2019, 21:53:01 WIB - 31 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Puskesmas Inderapura mendistribusikan susu gratis untuk Balita gizi kurang dari keluarga kurang mamp

Painan-Jumat (19/07), Petugas gizi Puskesmas Inderapura mendistribusikan susu gratis untuk Balita gizi kurang dari keluarga kurang mampu di Wilayah Kerja Puskesmas Inderapura. Hal ini merupakan tindak lanjut dari temuan petugas gizi Puskesmas bahwa adanya Balita dengan gizi kurang di Wilayah Kerja Puskesmas Inderapura.

Gizi Kurang merupakan salah satu masalah yang banyak ditemui pada anak-anak Indonesia. Menurut Data Riset kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, jumlah balita stunting atau pendek karena kurang gizi mencapai 37,2 persen. Oleh karena itu harus ada usaha dan perhatian bersama agar gizi Balita kita bisa terpenuhi, karena mereka lah masa depan Inderapura tercinta.

Di sela-sela kegiatan pembagian susu tersebut,  May Yeni Rahmalia, AMG selaku petugas gizi yang mengeksekusi kegiatan ini mengingatkan bahwa, susu bukanlah makanan utama anak. Anak tetap harus diberi makanan bergizi seimbang seperti sayur dan buah-buahan. Perlu juga diingat, gizi anak sangat penting sejak ibu mengandung. Ketika lahir, anak harus mendapat ASI ekslusif.

Gusti Fauzi SKM selaku petugas Promosi Kesehatan menyampaikan bahwa Peran kader Posyandu dalam penanggulangan masalah gizi kurang di Pancung Soal ini sangatlah penting, khususnya upaya pencegahan stunting pada masa balita. Melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita yang dilakukan satu bulan sekali melalui pengisian kurva KMS, balita yang mengalami permasalahan pertumbuhan dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga tidak jatuh pada permasalah pertumbuhan kronis atau stunting.

Kepala Puskesmas Inderapura Ricca Yulia Sari menuturkan bahwa "Penduduk kurang mampu harus dibantu asupan gizinya. Kita tengah berupaya untuk memperbanyak pembagian makanan tambahan, terutama susu formula bagi balita dari keluarga yang kurang mampu. Saat ini susu yang kita sebarkan di beli dengan sumber dana BOK Puskesmas. Kedepan akan kita tingkatkkan sesuai dengan kebutuhan" imbuhnya.

#PansoSehat
#PansoSemangat

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube