Headline News

header-int

Program senam bersama lansia UPT Puskesmas Pasar kuok

Kamis, 08 Agu 2019, 21:47:46 WIB - 24 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Program senam bersama lansia UPT Puskesmas Pasar kuok

Dalam rangka peduli terhadap kesehatan para lansia dan kelompok Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), UPT Puskesmas Pasar Kuok Kecamatan Batang Kapas galakkan program senam bersama yang bertempat di Pantai Tansridano Taluak Batang Kapas pada Kamis(08/08/2019).

Kegiatan senam ini diikuti oleh 250 orang lansia dihadiri oleh Kepala Seksi Kesga & Gizi Dewita, SKM.M.Biomed, Kepala Seksi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Hendri Agustian, S.Kep.MM, Kepala Tata Usaha  UPT Puskesmas Pasar Kuok Efriwan, S.Kep, Penanggungjawab Program Lansia Bidan Marni dan staf Puskesmas.

Menurut Bidan Marni ketika ditemui disela-sela kegiatannya mengatakan bahwa senam bersama ini adalah merupakan kegiatan rutin tiap bulan bagi para Lansia

Selama ini Puskesmas Pasar Kuok menggelar berbagai program untuk kaum lansia, seperti pembinaan secara promotif dan preventif bagi para kader, pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi lansia, dan posyandu lansia, sehingga nantinya para lansia sehat dan ceria di hari tuanya. Pasalnya kesehatan para lansia sangat penting dalam mengisi hari tuanya. Dan dengan melakukan gerakan secara teratur, pihaknya yakin kondisi fisik para lansia akan tetap terjaga.

Kasi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat mengatakan bahwa senam yang dilakukan ini sangat bermanfaat bagi para wanita bukan hanya untuk Lansia,karena sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, syaraf, otak dan yang lainnya,terlebih bagi pasien lansia yang memiliki riwayat penyakit Hipertensi, Diabetes Melitus,Asam Urat, dan Hiperkolesterol.

“Makin bertambah usia, makin besar kemungkinan seseorang mengalami permasalahan fisik, jiwa, spiritual, ekonomi dan sosial. Salah satu masalah yang sangat mendasar adalah masalah kesehatan akibat proses degeneratif. Data Riset Kesehatan (Riskesdas) tahun 2018, penyakit terbanyak pada Lansia terutama adalah penyakit tidak menular (PTM) antara lain hipertensi, osteoarthritis, masalah gigi dan mulut, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan diabetes mellitus (DM)” Ujar Hendri. 

Lanjut Hendri “Dengan  meningkatnya kasus PTM mari kita lakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui 7 indikator :Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, makan buah dan sayur, melakukan cek kesehatan secara berkala, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, menggunakan jamban dan menjaga kebersihan lingkungan.

Salah seorang peserta senam, Hasnah, (Usia 60 tahun) mengatakan bahwa setelah rutin mengikuti senam ini, badan menjadi segar, sehat dan ia jarang sakit bahkan tekanan darahnya tidak pernah tinggi (normal).

Selain melaksanakan kegiatan senam, petugas puskesmas Pasar Kuok kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para peserta meliputi pemeriksaan tekanan darah, berat badan, gula darah, kolesterol dan asam urat.

Menurut Kasi Kesga & Gizi Dewita, SKM.M.Biomed “Lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin. Salah satu upaya untuk memberdayakan Lansia di masyarakat adalah melalui pembentukan dan pembinaan Kelompok Lansia yang di beberapa Nagari disebut dengan Posyandu Lansia atau Posbindu Lansia. Melalui Kelompok ini, Lansia dapat melakukan kegiatan yang dapat membuat mereka tetap aktif, antara lain: berperan sebagai kader di Kelompok Lansia,melakukan senam Lansia, memasak bersama, termasuk membuat kerajinan tangan yang selain berperan sebagai penyaluran hobi juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Para Lansia kita harapkan menjadi Lansia yang sehat, aktif dan produktif. Jangan sampai menjadi beban untuk keluaraganya. Dan itu bisa dicapai dengan cara mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, mempersiapkan jauh sebelum kita menjadi Lansia, tandas Dewita.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube