Headline News

header-int

POS BINDU PTM Puskesmas Pasar Baru

Minggu, 30 Jun 2019, 23:08:28 WIB - 34 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
POS BINDU PTM Puskesmas Pasar Baru

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan wujud peran serta masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam kegiatan deteksi dini, monitoring dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Kegiatan ini dikembangkan sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap PTM mengingat hampir semua faktor risiko PTM tidak memberikan gejala pada yang mengalaminya.

Posbindu PTM menjadi salah satu bentuk upaya kesehatan masyarakat atau UKM yang selanjutnya berkembang menjadi upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) dalam pengendalian faktor risiko PTM di bawah pembinaan Puskesmas.

Kegiatan deteksi dini dan monitoring faktor risiko penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi merokok, kurang konsumsi sayur dan buah, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol, pengukuran berkala Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar perut, tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah sewaktu, kolesterol total, trigeliserida, pemeriksaan klinis payudara (Clinical Breast Examination/ CBE), pemeriksaan lesi pra kanker dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Kepala Puskesmas Pasar Baru Dr. Reni Marina kepada Si Kamek menyatakan bahwa kegiatan Pos Bindu PTM yang dilaksanakan di puskesmas Pasar Baru merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh penanggungjawab Program PTM yang bekerjasama dengan Bidan Desa dan kader-kader kesehatan di Nagari hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena menurut Dr Reni bahwa kecenderungan penyakit tidak menular (PTM) saat ini lebih meningkat.

"Melalui Pos Bindu PTM diharapkan penyakit seperti stroke, hipertensi, DM, asam urat dan penyakit jantung koroner bisa di deteksi sedini mungkin sehingga pencegahan dan penanganannya bisa dilakukan" Ujar Kapus.

"Ia  berharap kepada masyarakat yang berada di wilayah kerjanya untuk memanfaatkan dan mengikuti setiap kegiatan Pos Bindu PTM yang dilaksanakan karena jelas ini sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit tidak menular...tukas Dr Reni....

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube