Headline News

header-int

PERTEMUAN SOSIALISASI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DIWILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS TAPAN

Selasa, 30 Jul 2019, 21:51:27 WIB - 25 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
PERTEMUAN SOSIALISASI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DIWILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS TAPAN

PERTEMUAN SOSIALISASI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DIWILAYAH KERJA
UPT PUSKESMAS TAPAN
----------------------------------------
Selasa, (30/07/19). UPT Puskesmas Tapan kembali mengadakan pertemuan Sosialisasi, kali ini membahas tentang Penyakit Tidak Menular, kegiatan ini merupakan salah satu usaha UPT Puskesmas Tapan dalam meningkatkan pengetahuan lintas sektor, kader PTM dan juga masyarakat tentang Penyakit Tidak Menular.

Pada pertemuan ini UPT Puskesmas Tapan meminta Narasumber dari Dinas Kesehatan Kab. Pesisir Selatan, sehingga acara ini dihadiri oleh Kabid P2P  Kadriadi, SKM. MM dan Kasie PTM, Keswa dan Nafza beserta staf. Kedatangan Kabid P2P ke UPT Puskesmas Tapan pada bulan Juli 2019 merupakan untuk kedua kalinya, karena sebelumnya beliau juga melakukan pertemuan tentang penggunaan Portal PTM bagi Puskesmas.
(Jangan merasa bosan ke HC-TPN Pak Kabid????????)

Penyakit Tidak Menular (PTM) saat ini merupakan penyakit terbanyak penyebab kematian, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, hipertensi, DM, obesitas dan lainnya. Hal ini disebabkan gejala yang kurang dirasakan oleh penderita dan juga penangganan penyakit yang tidak perkelanjutan.

Menurut Kemenkes RI, prevalensi masyarakat Indonesia yang mengalami penyakit tidak menular pada tahun 1995 sebesar 41,7% sedangkan pada tahun 2001 naik menjadi 49,9% sedangkan untuk tahun 2007 juga mengalami kenaikan menjadi 59,5%.

Data Rakerdas Tahun 2007 menunjukan bahwa kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular lebih banyak terjadi pada usia 45 - 54 tahun. Dimana penduduk yang tinggal dikota lebih besar (15,9%) dibandingkan dengan penduduk yang tinggal diperdesaan (11,5%).

Penyebab penyakit tidak menular ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolah raga/aktifitas fisik, tidak makan buah dan sayur, merokok dan juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit tidak menular segera untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.
-----------------------------------

#PuskesmasTapan_PuskesmasKekinian
#MariSehatSejakDini

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube