Headline News

header-int

Pertemuan Saka Bhakti Husada (SBH)

Senin, 02 Sep 2019, 19:12:00 WIB - 18 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pertemuan Saka Bhakti Husada (SBH)

Painan- Seksi Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Pesisir Selatan melakukan Pertemuan Saka Bhakti Husda (SBH) di Hotel Hannah Painan, Kamis (29/08/2019).

“Sebagai Peserta pertemuan ini adalah petugas Promkes Puskesmas se-Kabupaten Pesisir Selatan dan 1 orang Guru Pembina atau anggota SBH yang mewakili dari masing-masing wilayah kerja Puskesmas se-Kabupaten Pesisir Selatan yang seluruhnya berjumlah 40 orang dan pertemuan akan berlangsung selama 2 hari, sebagai pematerinya berasal dari Dinkes Propinsi Sumtera Barat dan Dinkes Pessel” ujar Kasi Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Hendri Agustian, S.Kep.MM dalam laporannya diacara pembukaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan di wakili oleh Kabid Kesmas Donny Tayes, SKM,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa “SBH adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan”.

Lebih lanjut Kabid Kesmas menyampaikan ”Saka ini dapat memotivasi para pramuka penegak dan pendega untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberikan bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan serta peningkatan ketahanan nasional.”.

“SBH dibentuk dari berbagai Gudep di Kwartir Ranting atau Kwartir Cabang yang terdiri dari pramuka penegak dan pramuka pendega yang memiliki minat dan bakat dibidang kesehatan. Anggota SBH diharapkan dapat ikut mensosialisasikan gaya hidup sehat mulai dari keluarga, yang nantinya berdampak kepada masyarakat luas. Disamping itu anggota SBH dapat menjadi kader untuk mendukung program-program kesehatan” jelas Donny Tayes.

 

“Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh anggota SBH antara lain kampanye PHBS disekolah dan lingkup masyarakat, peningkatan kesadaran akan bahaya HIV/AIDS dan tuberkulosis, kampanye pentingnya imunisasi, pengendalian vektor penyakit serta pemahaman tentang obat”. Ujar Kabid Kesmas.

Diakhir sambutannya Kabid Kesmas mengajak peserta yang hadir untuk megikuti rangkaian kegiatan dengan serius sehingga nanti dapat ikut serta memnggerakkan masyarakat untuk lebih meningkatkan program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat khususnya kegiatan SBH diwilayah masing-masing.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube