Headline News

header-int

Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Pessel

Selasa, 13 Agu 2019, 00:20:02 WIB - 25 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Pessel

Painan- Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat ada 4 sekolah yang mewakili Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019 yaitu :TK Pertiwi Kecamatan Koto XI Tarusan, SDN 28 Pasar Gompong Kecamatan Lengayang, SMPN 1 Painan dan SMAN Bayang Utara.

Tim Pembina UKS dari Propinsi Sumatera Barat disambut langsung oleh TP-PKK Hj. Lisda Hendrajoni didampingi Aisiten I Muskamal, Kadis Kesehatan Dr.H. Satria Wibawa, Kabag Kesra Yolly Aang Sofria, OPD terkait, Camat dan Kepala Sekolah di Ruang Pertemuan Bupati (Senin, 12/08/2019)

Dalam laporanya Asisten I menyampaikan bahwa Tim Pembina UKS dari Propinsi Sumatera Barat sudah terlebih dahulu mampir ke Sekretariat TP UKS Kecamatan Koto XI Tarusan.

Sementara itu Ketua TP-PKK menyampaikan “rasa banggga dan apreseasi kepada sekolah-sekolah yang mewakili Kabupeten Pesisir Selatan untuk ikut lomba UKS tingkat Propinsi Sumatera Barat dan nasional.

 Harapan Ketua TP-PKK ”  Kegigihan sekolah tidak hanya terbatas pada penilaian ini saja. penilaian ini hendaknya menjadi triger (pemicu)  untuk lebih baik lagi khususnya disekolah-sekolah, bagaimana sekolah kita menjadi lebih bersih, sehat berwawasan dan juga nilai-nilai itu tertanam dalam diri para anak didik dan masyarakat.

 “Potensi-potensi yang dimiliki oleh sekolah diKabupaten Pesisir Selatan tidak terkecuali potensi pada anak didik tidak hanya tinggal menjadi sekedar potensi”. Ujar Hj. Lisda

“Pemerintah Kabupaten Pessel sangat memahami akan potensi ini dan berupaya keras mendorong  pra kondisi yang memungkin tumbuh kembangnya potensi masyarakat tadi melalui UKS” ucapnya.

Lebih lanjut Ketua TP-PKK sampaikan “Pembangunan Pessel sejauh ini telah berhasil menyiapkan pra kondisi yang terus membaik bagi perkembangan potensi masyarakat diantaranya semakin membaiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab. Pessel dari 68,39 tahun 2017 menjadi 69,4 tahun 2018. Meningkatnya tingkat kesehatan masyarakat dan meningkat usia harapan hidup serta menurunnya tingkat kematian dan juga meningkatnya pendidikan masyarakat dan sekaligus menurunnya angka kemiskinan”.

Dihadapan Tim Pembina Propinsi Hj. Lisda juga ceritakan bahwa MTSN I Pessel menjadi juara nasional UKS dan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya, Kabupaten Pesisir Selatan sudah meraih piala adipura 2 kali berturut-turut dan baru-baru ini Kabupaten Pesisir Selatan sudah dinilai Swasti Saba Wistara (Kabupaten Sehat) oleh tim Nasional.

Sebagai penutup “ Ia berharap semoga UKS Pessel bisa mewakili Sumatera Barat ketingkat nasional, kepada sekolah terpilih diminta agar terus belajar karena ini bukan akhir tetapi justru merupakan awal, permulaan bagi pessel yang lebih baik, lebih bersih, lebih sehat dan bisa menjadi gaya hidup bagi masyarakat pessel”......

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube