Headline News

header-int

Penilaian Akreditasi Puskesmas Surantih

Selasa, 16 Jul 2019, 18:24:08 WIB - 51 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Penilaian Akreditasi Puskesmas Surantih

Painan- Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 tahun 2015 mengamanatkan pemerintah daerah untuk melakukan akreditasi terhadap seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Selain puskemas, yang dituju oleh ketentuan ini adalah FKTP lain, termasuk klinik dan tempat praktek dokter dan tempat praktek dokter gigi.


Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh Pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi.

Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

 “Berdasarkan amanah itulah maka sejak tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah melaksanakan akreditasi terhadap 17 puskesmas dari 20  puskesmas yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan”. Ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Dr. H. Satria Wibawa, M.Kes saat dilakukan Survey Akreditasi Puskesmas Surantih (Kamis, 11 juli 2019).

Akreditasi ini dihadiri Assisten I Muskamal, Camat Sutera Facruddin, Kabid Yankes Vera Kornita, SKM.MM, Kasie Mutu Pelayanan Akreditasi dan Akreditasi Ns. Weldewita, S.Kep, dan lintas sektor di kecamatan Sutera.

Survei Akreditasi Puskesmas Surantih dilaksanakan tanggal 9 s/d 11 Juli 2019 dengan tim Suveior Hendri Putra , SKM (admin), dr Any Adelia Hutauruk SKM, MSc.PH (UKM) dan Dr.Hj. Astri Hernasari, MM (UKP) ketiganya berasal dari Tim Independen Kementerian Kesehatan RI.

Lebih lanjut Kadis menayampaikan bahwa “Banyak manfaat yang bisa didapat dari akreditasi. Bagi puskesmas, manfaat itu diantaranya meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja, memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas dan meningkatkan pendidikan pada staf”.

“Sedangkan bagi masyarakat, manfaat akreditasi puskemas diantaranya adalah mendapatkan jaminan kualitas” ungkap Dr. Satria 

Terang Kadis “Berdasarkan hasil akreditasi, nantinya masing-masing puskesmas digolongkan pada 4 tingkatan. Masing-masing puskemas  Dasar, Madya, Utama dan Paripurna”.

“Dari 17 Puskesmas yang terakreditasi 2 puskesmas terakreditasi dasar dan 15 terakreditasi Madya. Pada tahun 2019 ini ada 1 Puskesmas yang akan diakreditasi yaitu Puskesmas Surantih dan 2 lagi reakreditasi yaitu Puskesmas Pasar Baru dan Puskesmas Air Haji,  mudah-mudahan diantara puskesmas ini memperoleh nilai terbaik yaitu paripurna” harap Kadis.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube