Headline News

header-int

PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI UPT PUSKESMAS TAPAN

Selasa, 13 Agu 2019, 00:28:46 WIB - 30 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI UPT PUSKESMAS TAPAN

PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI UPT PUSKESMAS TAPAN
====================

Sabtu (10/09/19) Keluarga Besar UPT Puskesmas Tapan menyelenggarakan Gontoroyong bersama dalam rangka penanaman TOGA. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kab. Pesisir Selatan Ibu Vera Kornita, SKM. MM, dimana saat pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Yankestrad beliau menekankan dan memberi target bahwa semua Puskesmas yang ada di Kab. Pesisir Selatan harus memiliki TOGA dalam jangka waktu maksimal 3 bulan setelah pertemuan.

Untuk menindak lanjuti instruksi dari Kabid Yankes tersebut, maka UPT Puskesmas Tapan melalui Program Promkes dan Yankestrad mewajibkan seluruh staf Puskesmas untuk membawa TOGA yang akan dijadikan sebagai TOGA Puskesmas. Tujuan dilakukan penanaman TOGA Puskesmas ini adalah sebagai percontohan dan pengenalan pada masyarakat di Kecamatan Basa Ampek Balai tentang Jenis dan Kegunaan TOGA bagi penanggulangan masalah kesehatan secara tradisional.

Pelayanan Kesehatan Tradisional merupakan salah satu program atau kegiatan yang tertuang pada Undang - Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Sedangkan pada Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Program Yankestrad termasuk kedalam Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Pengembangan. Hal ini disebabkan karena program Yankestrad bersifat preventif sehingga dapat meningkatkan SPM dalam bidang Kesehatan.

UPT Puskesmas Tapan berkomitmen akan terus meningkatkan jenis dan jumlah TOGA yang ada, sehingga semua TOGA dapat bermanfaat dalam pelaksanaan program Yankestrad dan Masyarakat di Kecamatan Basa Ampek Balai - Tapan
================

#PuskesmasTapan_PuskesmasKekinian
#Promkes_Yankestrad

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube