Headline News

header-int

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di Puskesmas Pasar Kuok

Selasa, 27 Agu 2019, 11:52:51 WIB - 29 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)  di Puskesmas Pasar Kuok

Painan-Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar dapat mempersiapkan remaja menjadi orang dewasa yang sehat dan produktif dan terbebas dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat menghambat kemampuan menjalani kehidupan reproduksi secara sehat.


Puskesmas Paasar Kuok memberikan pelayanan pada siswa/i SMPN 1 Batang Kapas untuk wawancara tentang Penyakit Menular Sexual atau Penyakit pada kelamin seperti, Sipilis/Gonorhoe, HIV/AIDS, keputihan dan penyakit lainnya hal ini dilakukan di Puskesmas Pasar Kuok (23/08/2019)

Menurut Keterangan Kepala Puskesmas Pasar Kuok dr. Desmon Jenis kegiatan PKPR meliputi penyuluhan, pelayanan klinis medis termasuk pemeriksaan penunjang, konseling, pendidikan keterampilan hidup sehat (PKHS), pelatihan pendidik sebaya (yang diberi pelatihan menjadi kader kesehatan remaja) dan konselor sebaya (pendidik sebaya yang diberi tambahan pelatihan interpersonal relationship dan konseling), serta pelayanan rujukan.

Menurut Kapus secara umum, semua keluhan yang dapat ditangani oleh Puskesmas di tingkat pelayanan dasar dapat dilayani di Puskesmas PKPR. Termasuk di dalamnya adalah Layanan Kesehatan Reproduksi dan Seksual. Sebagai contoh, beberapa layanan yang dilayani PKPR adalah : Pemeriksaan Kehamilan bagi remaja, Konseling semua masalah Kesehatan Reproduksi dan Seksual, Konsultasi mengenai masalah kejiwaan, HIV&AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Anemia.

"Cara mengaksesnya pelayanan PKPR adalah dengan datang ke Puskesmas. Proses dimulai dari pendaftaran, mengantri, dan mendapatkan layanan" ujar dr. Desmon

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube