Headline News

header-int

Pelatihan Surveilans Epidemologi dan Penanggulangan Wabah bagi Petugas Puskesmas dan RSUD di Kabupat

Sabtu, 27 Jul 2019, 20:54:29 WIB - 27 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pelatihan Surveilans Epidemologi dan Penanggulangan Wabah bagi Petugas Puskesmas dan RSUD di Kabupat

Painan- Pelatihan Surveilans Epidemologi dan Penanggulangan Wabah bagi Petugas Puskesmas dan RSUD di Kabupaten Pesisir Selatan tanggal 8-9 Juli 2019 diselenggarakan di Hannah Hotel oleh Seksi Survailans dan Bencana Bidang P2P Dinas Kesehatan  Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Dr. H. Satria Wibawa, M.Kes didampingi Kabid P2P Kadriadi, SKM.MM, dan Kasi Survailans dan Bencana  Zaidina Umar, SKM.M.Kes (08/07/2019) menyampaikan bahwa “Kabupaten Pesisir Selatan merupakan wilayah yang sangat beresiko terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah penyakit menular seperti diare, DBD, Malaria, Campak, Rabies dan KLB Keracunan makanan, disamping itu juga sangat rawan terhadap berbagai ancaman bencana” ujar Kadis.

Kadis menguraikan bahwa beberapa kejadian KLB/wabah penyakit menular dan bencana di Kabupeten Pesisir Selatan antara lain KLB Malaria Kecematan Koto XI Tarusan tahun 1999, banjir bandang di Calau Kecamatan Bayang dan Kecamatan Koto XI Tarusan tahun 2000, KLB penyakit Diare di Pasar Kuok Kecamatan Batang Kapas tahun 2003, gempa bumi berkekuatan 7,9 SR yang berpusat di Bengkulu pada September 2007 dan Pariaman pada 30 September 2009. Kejadian bencana banjir bandang di Kecamatan Lengayang, Linggo Sari Baganti & Ranah Pesisir pada bulan Nopember 2011. Kasus KLB terakhir yang terjadi tahun 2017 antara lain KLB DBD di Air Haji bulan Mei 2017 dan KLB Campak di Koto Baru dan Kambang bulan Agustus dan September 2017. Terakhir KLB Keracunan makanan di SMA Negeri 3 Sago tanggal 13 Februari 2019.

“Untuk mencegah atau mengurangi angka kesakitan dan kematian yang ditimbulkan akibat berbagai macam KLB/Wabah penyakit menular yang mungkin terjadi di Kab. Pessel dan masalah kesehatan dapat ditanggulangi secara cepat, tepat dan terpadu maka diperlukan peningkatan Sistim Kewaspadaan Dini dan Koordinasi yang baik antar pihak terkait dalam sektor kesehatan.” Ucap Kadis

Dr. Satria berharap dengan pelatihan yang dilaksanakan dapat meningkatkan pengetahuan & keterampilan petugas dibidang epidemologi dan pemantapan pelaksanaan kegiatan Sistem Kewaspadaan Dini KLB (SKD-KLB), hal ini diperlukan dalam upaya meningkatkan SKD-KLB/Wabah dan membina koordinasi yang baik antara Dinkes, RSUD dan Puskesmas.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube