Headline News

header-int

Pelatihan Nagari Siaga Angkatan III bagi Bidan Desa dan Wali Nagari di Hotel Hannah

Selasa, 30 Jul 2019, 10:49:55 WIB - 41 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pelatihan Nagari Siaga Angkatan III bagi Bidan Desa dan Wali Nagari di Hotel Hannah

Painan-Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pembangunan kesehatan merupakan bagian dari intergral dari pembangunan nasional yang diselenggarakan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata serta memberikan perhatian khusus pada penduduk rentan antara lain ibu, bayi,anak, manula dan keluarga miskin.

Dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan masyarakat, berbagai upaya dilakukan dengan memanfaatkan potensi dan sumberdaya yang ada termasuk yang ada dimasyarakat, salah satu upaya kesehatan yang dapat dilakukan adalah mengembangkan nagari siaga aktif.

“Nagari Siaga adalah desa/nagari yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehtan, bencana dan kegawatdaruratan, kesehatan secara mandiri” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Dr.H. Satria Wibawa, M.Kes dalam Pembukaan Pelatihan Nagari Siaga Angkatan III bagi Bidan dan Walinagari se-Pessel di Hotel Hannah Painan (30/07/2019)

Kadis melanjutkan bahwa tujuan nagari siaga untuk peningkatan kesadaran masyarakat desa/nagari tentang pentingnya kesehatan, peningkatan kewaspadaan dan kesipasiagaan masyarakat desa/nagari terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan (bencana, wabah, kegawatdaruratan dan sebagainya) dan peningkatan kesehatan lingkungan dinagari, meningkatnya kemampuan dan kemauan masyarakat nagari untuk menolong diri sendiri dibidang kesehatan.

Pelatihan Nagari Siaga Angkatan III bagi 25 orang Walinagari dan 1 orang Bidan Desa Sekabupaten Pesisir Selatan dilaksanakan tanggal 29 s/d 31 Juli 2019 di Hotel Hannah Painan. Acara tersebut dilaksanakan oleh Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes & PM) Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan. Kabid Kesmas Dony Tayes, SKM.M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari Wali Nagari dan Bidan Poskesri.

Kadis mengharapkan kepada semua yang hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini dan ikut menggerakan masyarakat untuk lebih meningkatkan program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat terutama nagari siaga diwilayah masing-masing.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube