Headline News

header-int

Pelatihan Nagari Siaga Angkatan II

Rabu, 17 Jul 2019, 19:59:32 WIB - 20 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pelatihan Nagari Siaga Angkatan II

Painan-Pelatihan Nagari Siaga Angkatan II bagi 20 orang Walinagari dan Bidan Desa Sekabupaten Pesesir Selatan dilaksanakan tanggal 09 s/d 11 Juli 2019 di Hotel Hannah Painan. Acara tersebut dilaksanakan oleh Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes & PM) Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan. Kabid Kesmas Dony Tayes, SKM.M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari Wali Nagari dan Bidan Poskesri.

Doni Tayes menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini diharapkan sebagai media koordinasi dan informasi antara Walinagari dan Bidan Poskesri untuk mengetahui kendala dalam mengembangkan Nagari siaga aktif di wilayah kerja Puskesmas masing – masing pada tahun 2019 dan upaya yang akan dilakukan pada tahun 2020 dan meningkatkan pemahaman tentang Nagari Siaga bagi Wali Nagari dan Bidan se Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pessel diwakili oleh Sekretaris Dinkes Yuni Andra, SKM.MM dalam sambutannya menyatakan bahwa persoalan kesehatan merupakan masalah mendasar dalam masyarakat, oleh sebab itu walinagari memiliki tanggungjawab dalam mewujudkan persoalan kesehatan pada masyarakat nagari melalui dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan telah adanya Poskesri di Nagari maka telah dapat ditetapkan sebagai Nagari Siaga.

“Setelah Nagari Siaga resmi dibentuk, dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Poskesri secara rutin, yaitu pengembangan sistem surveilans berbasis masyarakat, pengembangan kesiapsiagaan dan penanggulangan kegawat-daruratan dan bencana, pemberantasan penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan KLB, penggalangan dana, pemberdayaan masyarakat menuju KADARZI dan PHBS, penyehatan lingkungan, serta pelayanan kesehatan dasar (bila diperlukan). Selain itu, diselenggarakan pula pelayanan UKBM-UKBM lain seperti Posyandu dan lain-lain” ujar Sekdis.

Secara berkala kegiatan Nagari Siaga dibimbing dan dipantau oleh Puskesmas, yang hasilnya dipakai sebagai masukan untuk perencanaan dan pengembangan Nagaria Siaga selanjutnya secara lintas sektoral.


Menurut Yuni Andra bahwa sebagai basis terwujudnya Kabupeten yang sehat dimulai dari kecamatan sehat dan Nagari sehat, melalui pertemuan ini diharapkan Nagari Siaga aktif mandiri dapat terwujud di Kabupaten Pesisir Selatan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, generasi yang cerdas. Untuk pencapaian target tersebut diharapkan semua pihak memberikan dukungan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube