Headline News

header-int

Pelatihan Kader Posyandu di UPT Puskesmas Tanjung Makmur

Sabtu, 27 Jul 2019, 19:33:45 WIB - 29 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pelatihan Kader Posyandu di UPT Puskesmas Tanjung Makmur

Painan-Guna mempersiapkan generasi sehat posyandu menjadi terdepan dalam membangun kesehatan anak, karena posyandu merupakan suatu pelayanan kesehatan anak yang bertujuan memenuhi kebutuhan kesehatan dasar dan peningkatan gizi masyarakat. Jumat, 26 Juli 2019, UPT Puskesmas Tanjung Makmur mengadakan Pelatihan Kader Posyandu Se-Kecamatan Silaut di Aula UPT Puskesmas Tanjung Makmur. Pengetahuan tentang kesehatan bagi para kader sangat penting, karena mereka akan jadi pelopor di lapangan.

Kepala UPT Puskesmas (KAPUS) Tanjung Makmur Yulia Nilawati, SKM, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan kader posyandu akan berlangsung selama 2 hari, secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap para kader posyandu dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu di Nagarise-Kecamatan Silaut dan tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu di Nagari se-Kecamatan Silaut.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada peningkatan pengetahuan dan sikap kader posyandu sehingga dalam aplikasi di lapangan akan bisa mendorong kelancaran pelayanan publik yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kader posyandu yang ada di Nagari se-Kecamatan Silaut.

Pada kesempatan tersebut Nila memberikan arahan serta berdialog langsung dengan para kader posyandu yang mengikuti pelatihan. Menurut Kapus kader posyandu adalah kader yang memiliki kontribusi kepada masyarakat karena kader posyandu yang terdepan dan lebih dekat ke masyarakat, sekarang posyandu telah berubah yang tadinya hanya melayani bidang kesehatan saja tetapi sekarang bidang sosial dan bidang yang lainnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai kader kita harus bangga karena ini merupakan bentuk sosial yang saling kompleks.  Perilaku hidup sehat harus diterapkan sejak dini seperti pola asuh dan peningkatan ekonomi keluarga mempengaruhi perkembangan anak. “Saya berharap para kader dapat membagi ilmu dan menularkan semangat sehat bagi lingkungannya,” tambahnya.
Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap sekali setahun, untuk me refresh kembali para kader posyandu di nagari  se-Kecamatan Silaut.

Kegiatan Penyegaran Kader Posyandu di Puskesmas Tanjung Makmur Silaut dengan materi :
1. PisPk / Keluarga Sehat.
2. Implementasi Buku KIA.
3. Komunikasi Efektif.


Semoga kegiatan bermanfaat bagi Kader Posyandu dan Tp.Pkk Nagari demi semakin mewujudkan Kecamatan Silaut Mandiri dibidang Kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube