Headline News

header-int

Pelatihan Higiene Sanitasi Pangan (HSP)

Minggu, 14 Jul 2019, 22:32:06 WIB - 65 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Pelatihan Higiene Sanitasi Pangan (HSP)

Painan-Pelatihan Higiene Sanitasi Pangan (HSP) yang digelar oleh Seksi Kesling dan Olahraga Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Selatan di Hotel Hannah Painan (11/07/2019) yang berlangsung selama 2 hari bertujuan agar makanan yang dijual oleh rumah makan dapat terkontol kesehatannya.

 “Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yaitu 6 prinsip hygiene sanitasi makanan, pariwisata halal, dan sertifikat halal, peserta pelatihan ini berjumlah 60 orang yang berasal dari 40 orang pengelola Tempat Pengolahan Makanan (TPM) dan 20 orang sanitarian puskesmas Sekabupaten Pesisir Selatan. ” ujar kasie Kesling dan Olahraga Syofianeri, SH dalam sambutan selaku panitia pelaksana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan diwakili oleh Kabid Kesmas Dony Tayes, SKM.M.Si dalam sambutannya mengatakan “Penyakit yang disebabkan oleh makanan masih merupakan salah satu penyebab utama kematian dan kesakitan di Indonesia. Makanan merupakan jalur utama penyebaran patogen dan toksin yang diproduksi oleh oleh mikroba patogen. Makanan juga dapat menimbulkan masalah serius jika mengandung racun akibat cemaran kimia, bahan berbahaya maupun racun alami yang menagndung dalam makanan, yang sebagian diantaranya menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) keracunan makanan.

“Jumlah TPM di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 1.811 TPM yang terdiri dari 61 jasa Boga. 203 rumah makan, 67 depot air minum dan 1.180 makanan jajanan. Sementara TPM yang memenuhi syarat berjumlah 1.027 (56%)” ujar Kabid Kesmas.

"Harapan kami melalui pelatihan higiene sanitasi ini, makanan yang dijual secara umum dapat terkontrol dengan baik," ucap Dony Tayes.

Sehingga, hal-hal yang dikhawatirkan seperti menularkan berbagai macam penyakit melalui makanan terhadap pembeli dapat dihindari. "Termasuk menghindari keracunan makanan, tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal seperti ini. Karena ini adalah upaya kita untuk melindungi konsumen," ujarnya.

Dony Tayes melanjutkan, bahwa banyak penyakit yang dapat timbul disebabkan makanan, seperti diare dan penyakit lainnya. "Oleh karena itu, melalui HSP ini para penjamah makanan tersebut bisa mengetahui bagaimana mengelola makanan untuk konsumen," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube