Headline News

header-int

Monev Program PTM

Minggu, 30 Jun 2019, 20:43:53 WIB - 53 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Monev Program PTM

Painan - Untuk memaksimalkan kegiatan program Seksi P2PTM, Keswa dan Napza Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Pertemuan Teknis Monitoring dan Evaluasi Penyakit PTM. Dengan melibatkan Kepala Puskesmas dan Pengelola Program PTM Puskesmas se Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Pessel Dr. H. Satria Wibawa, M.Kes didampingi Kabid P2P Kadriadi, SKM.MM dan Kasi P2PTM, Keswa dan Napza (Rabu, 19/06/2019) menyampaikan kita menyadari bahwa Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi salah satu penyebab kematian yang merupakan yang merupakan ancaman global bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dewasa ini kita menghadapi masalah doble Burden dimana penyakit menular belum teratasi penyakit tidak menular cenderung meningkat.

Pengendalian penyakit tidak menular bisa dilakukan melalui pencegahan dan penanggulangan faktor resiko PTM Meliputi:

1. Advokasi, kerjasama, bimbingan dan manajemen puskesmas

2. Promosi, pencegahan dan pengurangan faktor resiko melalui pemberdayaan masyarakat

3. Penguatan kapasitas dan kompetensi layanan serta kolaborasi dengan sektor swasta dan profesional

4. Penguatan surveilans, pengawasan dan riset PTM

“Deteksi faktor resiko PTM dan pengobatan yang tepat standar bagi penderita hipertensi dan Diabetes Melitus juga telah termasuk dalam kebutuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) bidang kesehatan bagi semua pemerintahan kota/kabupaten. Hal ini memaksa otoritas kota/kabupaten untuk memastikan bahwa sisitim pelayanan kesehatan akan memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat, mencapai indikator dan menyediakan anggaran yang cukup. Upaya percepatan untuk mencapai dan mendeteksi kasus PTM tak terdiagnosa akan dioptimalkan dengan memastikan semua kasus dapat tertangani” ujar kadis.

Lebih lanjut Dr. Satria menyatakan dengan dilakukan Pertemuan Teknis Monitoring dan Evaluasi Penyakit PTM ini kita memastikan sampai dimana kebutuhan masyarakat akan standar pelayanan dasar terpenuhi, pencapaian indikator SPM dan upaya-upaya perbaikan yang diperlukan.

Harapan Kadis kepada peserta untuk dapat mengikuti pertemuan ini sebaik-baiknya sehingga bisa menjadi panduan pelaksanaan kegiatan lapangan dan dapat meningkatkan pencapaian SPM bidang kesehatan khususnya seksi PTM.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube