Headline News

header-int

Monev Kadis Kesehatan ke Poskesri Kecamatan Bayang Wilayah Kerja Puskesmas Koto Berapak

Senin, 29 Jul 2019, 20:33:20 WIB - 27 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Monev Kadis Kesehatan ke Poskesri Kecamatan Bayang Wilayah Kerja Puskesmas Koto Berapak

Painan- Pos Kesehatan Nagari (Poskesri) adalah Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di nagari dalam rangka mendekatkan / menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Sebagai pengelola Poskesri tersebut ditempatkanlah seorang bidan desa sebagai penanggungjawabnya.

Dengan adanya pelayanan kesehatan tersebut diharapkan mutu kesehatan masyarakat dapat terus ditingkatkan.

Bagi masyarakat desa/nagari, peran dan keberadaan bidan desa sangatlah besar. Manakala terjadi hal-hal buruk menyangkut kesehatan masyarakat desa/nagari, maka pihak pertama yang memberikan pertolongan adalah bidan desa.

Sebagai pengelola, bidan desa memiliki tanggung jawab untuk memberi pelayanan dasar kesehatan kebidanan pada masyarakat di wilayah kerjanya. Tentunya dalam melaksanakan tugas ini, bidan desa wajib melibatkan klien dan masyarakat secara aktif. Sebagai pengelola, bidan desa memiliki tugas untuk meningkatkan kemampuan kader kesehatan, serta tenaga kesehatan lain yang berada wilayah kerjanya.

Sedangkan sebagai pendidik, bidan desa memiliki tanggung jawab untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Penyuluhan dan pendidikan kesehatan yang diberikan oleh bidan desa terutama tentang kesehatan ibu dan anak dan program KB (Keluarga Berencana).

Dalam kaitannya sebagai pendidik, bidan desa juga bertanggung jawab untuk melatih kader di wilayah kerjanya.

Dalam rangka memastikan kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh bidan desa dilapangan dan mengantisipasi permasalahan di lapangan Kadis Kesehatan Dr. H. Satria Wibawa, M.Kes kerap kali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di Pustu dan Poskesri.

Pada hari Senin, 29 Juli 2019 Kadis Dr. H. Satria Wibawa, M.Kes, didamping Kabid SDK Jafriwandi, SKM.MT dan Kepala Puskesmas Koto Berapak Elnasri, SKM  melakukan Monev ke Poskesri Lubuk Gambir, Poskesri Talaok dan Poskesri Koto Baru Kecamatan Bayang  wilayah kerja Puskesmas Koto Berapak.

Harapan Kadis “Kegiatan Monev dan pembinaan bidan desa ini dapat meningkatkan kualitas diri, skill, pengetahuan dan kompetensi bidan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang semakin baik dari waktu ke waktu dan diharapkan derajat kesehatan masyarakat juga semakin meningkat”.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube