Headline News

header-int

Lomba pemilihan Duta FE remaja Putri di SMP2, MTsN dan SMA2 Batang Kapas

Selasa, 06 Agu 2019, 20:07:08 WIB - 84 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Lomba pemilihan Duta FE remaja Putri di SMP2, MTsN dan SMA2 Batang Kapas

Painan-Lomba pemilihan Duta FE remaja Putri di SMP2, MTsN dan SMA2 Batang Kapas dari program Gizi Puskesmas IV Koto Mudik berkolaborasi dgn program UKS dan Promkes, serta analis labor untuk pemeriksaan Hb.

Kepala UPT Puskesmas IV Koto Mudik sangat bangga dan berterima kasih atas adanya lomba ini. Menurutnya, lomba seperti ini akan memberi pengalaman dan pengetahuan kepada remaja putri sehingga mereka memiliki kepercayaan diri berada ditengah-tengah masyarakat.

Kepala UPT Puskesmas IV Koto Mudik, dr. Jumatul Riadi menuturkan program ini sengaja diberikan kepada remaja putri tersebut karena kesehatan dan gizi remaja merupakan aspek penting dalam kehidupan remaja yang menjadi landasan siklus kehidupan manusia. Permasalahannya sangat kompleks dan beragam, namun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

" Maka ini langkah kita untuk membantu para remaja siswi tersebut untuk mengerti, mengetahui dan memahami tentang pemanfaatan gizi guna perkembangan yang lebih baik lagi," ungkap dr. Rial.

Di Indonesia masalah anemia pada remaja putri ini cukup tinggi karena diperkirakan sepertiga dari remaja putri Indonesia menderita anemia.

Dr. Rial berharap, dengan berjalannya program ini, akan mampu mewujudkan remaja putri yang sehat, cantik, cerdas tanpa anemia untuk generasi dan calon Ibu yang berkualitas.

Nantinya para siswi-siswi ini akan menjadi kader percontohan, duta untuk mensosialisasikan, mendistribusikan, dan mengawasi serta mengontrol pemanfaatan Tablet Tambah darah (FE) bagi remaja putri lainnya di sekolah mereka nantinya.

" Biasanya, para remaja putri mudah terkena anemia tersebut ditandai dengan tubuh mudah lemas,letih dan lesu, maka dibutuhkan tablet tambah darah untuk mengatasi anemia pada remaja putri disamping juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi," ujarnya menambahkan.

Maka, dalam hal kebutuhan tersebut, sangat diperlukan Tablet Tambah Darah (TTD) sebagai suplemen makanan yang mengandung zat besi dan folat yang berperan penting dalam pembuatan sel darah merah untuk menghantar  oksigen dari paru-paru ke jaringan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi normal sel.

Karena dengan memberikan tambahan suplemen tablet tambah darah pada remaja putri sejak dini, bisa menghindari akan terjadinya stunting, karena stunting bisa dicegah melalui dini yaitu pemberian tablet FE pada remaja putri yang dimana kelak  remaja  putri  akan menjadi  seorang ibu.

”Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini bisa menambah pengalaman, pengetahuan dan keberanian bagi anak-anak untuk tampil di muka umum dan saya berterima kasih kepada semua pihak terkait atas bantuannya” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube