Headline News

header-int

Kunjungan rumah Pasien Jiwa oleh tim CETAR \"Inovasi Pro ODGJ Puskesmas Lumpo\"

Sabtu, 27 Jul 2019, 20:55:08 WIB - 62 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Kunjungan rumah Pasien Jiwa oleh tim CETAR  \"Inovasi Pro ODGJ Puskesmas Lumpo\"

Painan- Tim Cepat Tanggap dan Responsive (Tim Cetar) Pro ODGJ UPT Puskesmas Lumpo yang bergerak mengobati Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ)  mengunjungi pasien yang berada di wilayah kerjanya.  

Pada Rabu, (03/07/2019) Penangung jawab Program Jiwa Puskesmas Lumpo Ns. Febi Wirmaini, S.Kep menjelaskan bahwa UPT Puskesmas Lumpo memiliki Inovasi Pro ODGJ yang telah dilaunching pada tanggal 10 Februari 2018 oleh Bupati Kabupaten Pesisir Selatan.

Sejak di launching dan dilakukan bebas pasung di Wilayah Kerja UPT Puskesmas stigma negatif masyarakat semakin baik. Selain itu yang terpenting bahwa tokoh masyarakat, pemerintahan daerah dan OPD terkait sangat peduli akan hal ini, ujar Febi.

Ketika dikonfirmasikan dengan Kepala UPT Puskesmas Lumpo Welly Perdana, SKM, ia membenarkan hal ini. “Kami selalu komit dengan inovasi ini, kami melakukan kunjungan kepada pasien gangguan jiwa dan keluarganya apabila keluarga tidak datang menjemput obat ke puskesmas secara rutin, kami mendatangi keluarga untuk melakukan penyuluhan dan mengedukasi masyarakat agar stigma negatif masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa bisa menjadi lebih baik” ujar Kapus.

“Di UPT Puskesmas Lumpo untuk pasien jiwa dilayani diruangan terpisah dari pelayanan lainnya artinya memiliki ruangan terpisah sehingga privasi pasien dan keluaga bisa terjaga, saat ini pasien jiwa yang dikelola sebanyak 66 orang.  UPT Puskesmas Lumpo memiliki tim khusus yang melakukan kunjungan pasien jiwa kerumah-rumah yang dinamakan tim Cetar, tim Cetar terdiri dari penangung jawab program jiwa, dokter, penangung jawab promkes, asisiten apoteker, bidan desa dan kader”. Pungkas Welly.


Video Terkait :

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube