Headline News

header-int

Kredensialing Klinik Mata Painan

Minggu, 30 Jun 2019, 19:57:02 WIB - 41 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Kredensialing Klinik Mata Painan

Kredensialing

Painan - BPJS Kesehatan Cabang Padang bersama Dinas Kesehatan gencar melakukan kredensialing. Objek kredensialing meliputi seluruh fasilitas kesehatan yang berniat memperpanjang kerjasamanya di tahun 2019. Hal tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Guna meningkatkan mutu dan kualitas layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) agar dapat memberikan pelayanan prima kepada Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Padang melakukan kredensialing kepada FKTP yang ingin bekerja sama.

Kredensialing FKTP merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk memberikan penilaian kepada FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Pada kesempatan ini BPJS Kesehatan  Painan dan Dinkes Pessel melaksanakan Kredensialing ke Klinik Mata Painan, , Sela  (28/05/2019).

Rekredensialing sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk melakukan kualifikasi terhadap Fasilitas Kesehatan (Faskes), baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Selain itu rekredensialing juga bisa menjadi media untuk evaluasi yang juntrungannya menyetujui atau menolak perpanjangan faskes. Penilaiannya didasarkan pada aspek administrasi mutlak dan aspek teknis.

Kabid Yankes Dinkes Pessel Vera Kornita, SKM.MM,  mendampingi BPJS Kesehatan melakukan Kredensialing  menjelaskan bahwa dasar hukum kredensialing telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pelayanan Kesehatan sebagai turunan dari Peraturan Presiden tentang JKN.

“Kegiatan kredensialing ini dilakukan untuk menilai mutu dan kualitas layanan FKTP apakah layak menjadi FKTP yang melayani Peserta JKN-KIS. Mutu dan kualitas layanan diukur dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana hingga komitmen dari FKTP tersebut”, jelas Kabid Yankes.

Klinik Mata Pessel merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang sejak 2017  telah menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.

Kabid  menambahkan, di era JKN-KIS, kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh FKTP sangatlah penting, karena FKTP merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan. Bila kualitas FKTP tidak ditingkatkan, angka rujukan akan terus meningkat, sehingga bisa terjadi penumpukan pasien di rumah sakit.

”Kalau pelayanan di FKTP nya baik, maka Peserta JKN-KIS dapat terlayani dengan maksimal sehingga kepuasan peserta dapat terpenuhi,’’ tambah Vera.

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube