Headline News

header-int

HIDUP SEHAT DENGAN OLAHRAGA

Jumat, 26 Jul 2019, 13:28:52 WIB - 34 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
HIDUP SEHAT DENGAN OLAHRAGA

HIDUP SEHAT DENGAN OLAHRAGA

Oleh : Hendri Agustian, S.Kep.MM (Kasi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat)

Sebuah pembelajaran berharga di era jaminan kesehatan nasional (JKN), anggaran banyak terserap untuk membiayai penyakit katastropik, yaitu: PJK, Gagal Ginjal Kronik, Kanker, dan Stroke. Selain itu, pelayanan kesehatan peserta JKN juga didominasi pada pembiayaan kesehatan di tingkat lanjutan dibandingkan di tingkat dasar. Fakta ini perlu ditindaklanjuti karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara.

Meningkatnya Penyakit Tidak Meular (PTM) dapat menurunkan produktivitas sumber daya manusia, bahkan kualitas generasi bangsa. Hal ini berdampak pula pada besarnya beban pemerintah karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar. Pada akhirnya, kesehatan akan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi.

Penduduk usia produktif dengan jumlah besar yang seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan, justru akan terancam apabila kesehatannya terganggu oleh PTM dan perilaku yang tidak sehat, Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia sehat.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita diharuskan untuk berolahraga. Olahraga secara rutin dapat membuat tubuh kita lebih segar, lebih sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga juga menjadikan fisik kita lebih kuat dan tidak mudah capek.
Olahraga adalah aktifitas fisik, tapi mampu mempertajam pikiran. Dalam kesehatan olahraga sama pentingnya dengan makanan sehat.

Dalam olahraga terdapat kesenangan. Dalam olahraga terdapat kesehatan. Dalam olahraga terdapat perjuangan. Dalam olahraga kita menemukan banyak hal.
Jika anda menggemari sebuah tim olahraga, anda juga harus menggemari semangat hidup sehat mereka.
Jangan memaksa tubuh anda bekerja dalam keadaan berkarat. Makanlah makanan sehat, dan berolahragalah agar tubuh anda kembali segar.

Olahraga berhutang banyak pada teknologi. Karena teknologi membuat manusia lebih sedikit bergerak, yang pada akhirnya olahraga menjadi kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi.

Saat olahraga Anda menyegarkan tubuh anda, sekaligus menyegarkan pikiran anda. Anda mungkin bukan atlet olahraga, tapi anda tetap membutuhkan olahraga.

Olahraga tidak hanya memperebutkan piala kemenangan atau ingin mendapat door prize, tapi juga memperebutkan piala kesehatan. Kesehatan adalah piala terbaik yang bisa anda bawa pulang bukan sepeda, tv ataupun kulkas door prize. Olahraga adalah obat dari segala penyakit, lebih tepatnya olahraga rutin sejak masih muda.

Bagi seorang atlet, olahraga adalah keharusan karena disitulah kehidupan mereka berada. Bagi Orang di bidang lain, olahraga juga merupakan keharusan karena hidup tak akan berjalan lancar tanpa olahraga.
Dengan berolahraga secara rutin, anda akan melihat pekerjaan anda selesai dengan lebih cepat dan lebih banyak.

Menjadi tamu khusus di rumah sakit selalu membuat anda tersadar akan pentingnya olahraga.
Daripada kelak dengan berat hati mengeluarkan uang jutaan untuk berobat ke dokter. Lebih baik dengan senang hati menginvestasikan waktu untuk berolahraga sejak sekarang.

Semua orang membutuhkan olahraga, dan aturan ini berlaku sampai kapanpun. Apapun yang anda makan, anda tak mungkin hidup sehat tanpa olahraga.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube