Headline News

header-int

Dinkes Kabupaten Pessel lakukan Sosialisasi NAFZA bagi anak Sekolah Tingkat Kabupaten Pessel

Selasa, 27 Agu 2019, 15:26:53 WIB - 17 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Dinkes Kabupaten Pessel lakukan Sosialisasi NAFZA bagi anak Sekolah Tingkat Kabupaten Pessel

Painan- Seksi PTM, Keswa dan Nafza Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan Sosialisasi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAFZA) bagi anak sekolah Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan di Hotel Triza Painan (27 /08/2019)

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Dr.H. Satria Wibawa, M.Kes didampingi Kabid P2P Kadriadi, SKM.MM dan Kasi PTM, Keswa dan Nafza Aswiliarti, SKM, M.Biomed.

Meurut Kabid P2P Kadriadi jumlah peserta terdiri dari 100 orang siswa dari beberapa sekolah di beberapa Kecamatan di Kabupeten Pessel dalam sosialisasi ditampilkan sejumlah narasumber dari BNN Propinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan dengan pemaparan bentuk dan kerugian bila mengkonsumsi Napza serta efek samping terhadap penggunanya.

Kadis dalam sambutannya mengatakan NAPZA secara umum adalah semua zat kimiawi yang jika dimasukkan ke dalam tubuh manusia, baik secara oral (diminum, dihisap, dihirup dan disedot) maupun disuntik, dapat mempengaruhi kejiwaan/ psikologis dan kesehatan seseorang, serta menimbulkan kecanduan atau ketergantungan.

Menurut Kadis penggunaan Nafza umumnya dilakukan pada dunia medis atau bidang kesehatan. Penyalahgunaan pemakaian Nafza yang bukan untuk tujuan pengobatan dan tidak dalam pengawasan dokter akan menyebabkan kecanduan dan ketergantungan secara fisik maupun mental.

Lebih lanjut kadis menyampaikan bahwa berdasarkan data BNN dan universitas Indonesia (2017) penyalahgunaan narkoba di Indonesia di 34 Propinsi sebanyak 3,3 juta orang. Dari angka tersebut, ada sekitar 800 ribu (23,7%) penyalahgunaan yang berasal dari lingkungan pendidikan. Dari karakteristik pecandu, ada sekitar 44% pevcandu baru. Angka ini menurut pantauan BNN terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Oleh sebab itu upaya deteksi dini sebaiknya dilakukan secara simultan dan progresif dan yangh paling kongkrit kita sudah harus memikirkan agar pendidikan Nafza bisa dimasukkan sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan di sekolah” ujar dr. Satria.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube