Headline News

header-int

Chek up Kesehatan ASN Dinkes Pasca Lebaran

Minggu, 30 Jun 2019, 20:03:16 WIB - 30 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Chek up Kesehatan ASN Dinkes Pasca Lebaran

Chek Up Pasca Lebaran

Painan, Cek kesehatan atau medical check up ternyata penting dilakukan usai lebaran. Hal ini untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan akibat kelelahan dan pola makan yang tidak sehat selama lebaran.

Dr.H. Satria Wibawa, M.Kes Kadis Kesehatan Pessel  mengatakan, jenis makanan yang banyak dikonsumsi saat lebaran umumnya tinggi lemak dan gula. Padahal, jenis makanan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya berbagai masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, diabetes, hingga hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sebaiknya tidak menunggu sampai gejala penyakitnya timbul. Lakukan medical check up segera karena kecenderungannya pola makan kita di saat lebaran tidak sehat. Apalagi latihan fisik atau olahraga yang kita lakukan juga sangat minim, kata Kadis kepada Si Kamek, Senin (10/06/19) disela kegiatan check up  staf Dinkes Pessel pasca lebaran yang dilakukan oleh Seksi PTM & Keswa.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat dan mikro-nutrien menurutnya juga harus terpenuhi. Serat tersebut dapat membantu mengikat lemak agar tidak mudah diserap oleh tubuh dan dikeluarkan bersama feses. Dengan begitu, timbunan lemak di tubuh bisa berkurang.

Untuk sayuran dan buah-buahan, per harinya minimal harus dikonsumsi lima mangkuk. Kebutuhan cairan juga harus terpenuhi, dan harus segera mulai melakukan latihan fisik secara teratur, ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube