Headline News

header-int

Ayo...Makan Sayur dan Buah-Buahan

Selasa, 20 Agu 2019, 19:57:47 WIB - 23 | Hendri Agustian, S.Kep., M.M
Ayo...Makan Sayur dan Buah-Buahan

Ayo...Makan Sayur dan Buah-Buahan

Oleh : Hendri Agustian, S.Kep.MM (Kasi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Pessel)

Salah satu langkah gerakan masyarakat hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Hasil penelitian riset kesehatan dasar tahun 2018 menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yaitu sebanyak 95,5% penduduk usia >10tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dibawah anjuran. Proporsi konsumsi buah dan sayur yang kurang pada penduduk Sumatera Barat yakni sebesar 96 persen. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Berbeda dengan sayuran, buah-buahan juga menyediakan karbohidrat terutama berupa fruktosa dan glukosa. Sayur tertentu juga menyediakan karbohidrat, seperti wortel dan kentang sayur. Sementara buah tertentu juga menyediakan lemak tidak jenuh seperti buah alpukat dan buah merah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI telah menentukan porsi makan sayuran dan buah-buahan yang ideal bagi orang sehat yaitu sebanyak 400 gram perorang perhari yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150gram buah.

Sayur memiliki porsi lebih banyak, setidaknya 250 gram atau setara dengan 2½ porsi. 1porsi sayur sama seperti 1 gelas belimbing sayur yang sudah dimasak dan ditiriskan airnya. Anda dapat membaginya menjadi 3x waktu makan, misalnya pagi ½porsi sayur, siang 1 porsi sayur dan malam hari 1 porsi sayur. 100 gram atau 1 gelas sayur bayam, kangkung, terong, kol, kembang kol dan buncis mengandung 25 kalori, 5 gram karbohidrat dan 1 gram protein.

Sedangkan untuk bayam merah, daun katuk, nangka muda, daun singkong dan daun pepaya memiliki kalori yang lebih tinggi dalam 100 gramnya, yaitu 50 kalori, 10 gram karbohidrat dan 3 gram protein. Namun, anda bisa bebas makan ketimun, selada air, lobak atau jamur kuping karena jenis sayuran tersebut tidak memiliki kalori.

Untuk konsumsi buah sedikitnya 150 gram dalam sehari atau 3 porsi perhari. Dalam 1 porsi buah terdapat 50 kalori dan 12 gram karbohidrat yang setara dengan 1 buah apel merah kecil atau 1 buah jeruk medan sedang, atau 1 potong melon atau 1 buah pisang ambon.

Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi sayur dan buah yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2019 Dinas Kesehatan. Follow Me : Facebook Youtube